Cara Cairkan Bansos BST Rp 300 Ribu di Bulan April 2021, Berikut Mekanisme Pencairan Bantuannya

- 18 April 2021, 14:18 WIB
Pencairan dana bansos BST Rp300 ribu di Kantor Pos dari Kemensos, begini mekanismenya. Terakhir disalurkan April 2021.
Pencairan dana bansos BST Rp300 ribu di Kantor Pos dari Kemensos, begini mekanismenya. Terakhir disalurkan April 2021. /Laksmi Sri Sundari/Galajabar

BERITA SLEMAN – Pada April 2021 ini Bantuan Sosial Tunai (BST) senilai Rp300 ribu per bulan akan segera cair. Sebagai informasi, April 2021 ini merupakan bulan terakhir pencairan bantun tersebut.

Untuk mekanisme pencairannya, simak terus tulisan berikut ini.

10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di seluruh Indonesia ditargetan mendapatkan BST senilai Rp300 ribu dari Kementerian Sosial (Kemensos) selama empat bulan, mulai dari bulan Januari hingga April 2021 ini.

Dilansir dari Antara News,  Tri Rismaharini selaku Menteri Sosial menyatakan bahwa  tidak akan memperpanjang program bansos BST ini. Hal itu karena  tidak ada alokasi anggaran untuk melanjutkan dan analisis kondisi ekonomi saat ini yang menuju normal.

Baca Juga: Cara Cairkan Bansos Sembako Rp 200 Ribu dengan Chat ke Nomor WA Ini

“Kalau misalkan di daerah masih ada warga yang perlu ditolong, mereka masih bisa mengajukan ke kami, nanti kami bantu dalam bentuk BPNT (bantuan pangan non-tunai),” kata Risma dikutip Berita DIY.

Sesuai dengan tujuannnya, Dana bansos BST ini untuk mengurangi beban pengeluaran akibat pandemi Covid-19 sehingga bantuan tersebut dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan seperti membiayai kebutuhan hidup sehari-hari.

Namun demikian, bantuan ini tidak boleh dibelanjakan barang-barang yang bukan kebutuhan pokok.

Masyarakat atau KPM yang telah terdaftar sebagai penerima bansos BST ini dapat mencairkan bansos BST periode bulan April 2021 . Berikut mekanisme pencairan bansos BST Rp300 ribu.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto

Sumber: Antara News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x