Konflik China dan Taiwan Memanas, Febrio Kacaribu: Konflik Ini Merupakan Masalah Geopolitik

- 9 Agustus 2022, 12:10 WIB
Hubungan China dan Taiwan genting. Kedua negara ini makin mendekati perang fisik, manuver pasukan AS di Samudra Pasifik makin memperkeruh.
Hubungan China dan Taiwan genting. Kedua negara ini makin mendekati perang fisik, manuver pasukan AS di Samudra Pasifik makin memperkeruh. /

BERITA SLEMAN - Konflik China dan Taiwan memanas usai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi berkunjung ke pulau itu, ditambah China melangsungkan latihan militer di Selat Taiwan.

Dengan adanya hal tersebut, Presiden China Xi Jinping dilaporkan memerintahkan militer negaranya untuk mengambil langkah yang jauh lebih agresif, yakni blokade untuk merebut negara pulau itu dengan paksa.

Pakar keamanan menilai para perencana militer China telah lama membahas blokade terhadap Taiwan, tetapi sampai sekarang kemungkinan besar tindakan seperti itu dianggap terlalu provokatif.

Konflik tersebut rupanya lebih berpengaruh pada negara Indonesia dibandingkan konflik Ukraina dengan Rusia pasalnya China menjadi investor terbesar bagi perekonomian tanah air.

Baca Juga: Lisa BLACKPINK: Rambutku Rusak Karena Sering Gonta-ganti Warna

Dilansir dari Pikiran Rakyat, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menegaskan Indonesia perlu waspada terhadap dampak konflik antara China dan Taiwan. 

Menurut Bahlil, saat ini pemerintah sedang mendalami dampak eskalasinya.

“Harus kita waspadai konflik China dan Taiwan. Kenapa harus diwaspadai, karena satu negara yang investasinya besar di Indonesia itu China, dan Taiwan juga ikut,” katanya dalam konferensi pers daring di Jakarta, Senin, 8 Agustus 2022.

Bahlil mengaku, dia masih mempelajari potensi konflik China dan Taiwan terhadap aliran investasi dalam negeri dan berharap situasi yang memanas tersebut tidak terlalu besar dampaknya bagi Indonesia.

Halaman:

Editor: Nidaul Fauziah

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x