Sterilisasi pada Kucing yang Harus Diketahui dan Beberapa Manfaatnya

- 27 Mei 2023, 07:58 WIB
4 Mitos dan Fakta tentang Kucing
4 Mitos dan Fakta tentang Kucing /

Berita Sleman - Sterilisasi adalah tindakan operasi pengambilan organ reproduksi pada hewan jantan atau betina. Sterilisasi pada hewan jantan disebut dengan kastrasi yaitu pengambilan testis.

Sedangkan, sterilisasi pada hewan betina dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu ovariektomi, histerektomi, dan ovariohisterektomi.

Ovariektomi adalah proses sterilisasi pada hewan betina yang dilakukan dengan cara mengambil bagian ovarium tempat produksi sel telur dan hormon.

Baca Juga: 4 Cara Mengembangkan Apresiasi Diri Untuk Karyawan Untuk Hidup Lebih Positif

Histerektomi proses sterilisasi pada hewan betina yang dilakukan dengan mengambil bagian rahim. Ovariohisterektomi adalah proses sterilisasi pada hewan betina yang dilakukan dengan mengambil ovarium dan rahim.

Sterilisasi juga memiliki sejumlah manfaat penting, yaitu:

1. Mencegah populasi kucing yang tidak terkendali

Satu pasangan kucing dapat menghasilkan banyak keturunan dalam waktu singkat. Sayangnya, banyak kucing liar atau kucing rumah yang tidak dikawinkan secara bertanggung jawab menghasilkan keturunan yang tidak diinginkan. Dengan sterilisasi, populasi kucing yang tidak terkendali dapat dikendalikan, mengurangi jumlah kucing yang terlantar atau hidup dalam kondisi yang tidak layak.

2. Mencegah masalah kesehatan pada kucing betina

Halaman:

Editor: Nidaul Fauziah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x