Mau Membuat Laporan Hasil Observasi? Begini Penggunaan Struktur Teks yang Tepat

- 5 Juli 2022, 09:34 WIB
Ilustrasi Membuat Laporan
Ilustrasi Membuat Laporan /Deepublish/

BERITA SLEMAN - Membuat Laporan Hasil Observasi merupakan salah satu tugas sekolah yang sangat seru untuk dikerjakan. Namun untuk membuat Laporan Hasil Observasi yang menarik kita harus menyusun teks yang mengandung unsur laporan yang tepat.

Perlu diketahui bahwa pada umumnya kita akan menemukan beberapa struktur seperti definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat ketika membuat Laporan Hasil Observasi.

Baca Juga: Simak Nama-nama Pakaian Adat di Indonesia yang Tersebar di 34 Provinsi

Dengan menggunakan struktur teks Laporan Hasil Observasi, maka akan memberikan informasi secara umum hingga mendetail dan diakhiri dengan memberikan manfaat dari kegiatan tersebut. 

Nah, sebelum kita membuat Laporan Hasil Observasi, kita kenali dulu pengertian dari beberapa struktur yang digunakan :

Definisi Umum

Seperti dibahas Pendidikanpedia bahwa pengertian definisi umum adalah sebuah pernyataan yang berisi objek yang nantinya akan dikaji lebih dalam, menjelaskan secara garis besar pemahaman tentang hal tersebut, yang dapat berupa nama latin, asal-usul, kelas, dan informasi tambahan tentang hal yang dilaporkan.

Biasanya definisi umum ini mengandung istilah dalam bidang ilmu tertentu dan selalu memakai 'adalah' dan 'merupakan' untuk mendefinisikan suatu objek.

Baca Juga: Orang Jawa Wajib Tahu! Ini 11 Nama Tembang Macapat Jawa Lengkap dengan Arti dan Maknanya

Deskripsi bagian

Pengertian deskripsi bagian merupakan suatu penjelasan lengkap terkait objek atau bagian-bagian hal yang dilaporkan. Biasanya deskripsi bagian ini menggunakan kata khusus serta memakai kalimat-kalimat yang menjelaskan (memerinci).

Halaman:

Editor: Nidaul Fauziah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x