Memahami Konsep UKT dalam Biaya Perkuliahan

- 11 Maret 2023, 08:00 WIB
Uang Kuliah Tunggal
Uang Kuliah Tunggal /blog.ecampuz.com

BERITA SLEMAN - UKT atau Uang Kuliah Tunggal adalah biaya perkuliahan yang dikenakan kepada mahasiswa di perguruan tinggi.

Biaya UKT ini berbeda dengan biaya kuliah yang dikenakan di masa lalu, dimana mahasiswa membayar biaya kuliah per mata kuliah yang diambil.

UKT dikenakan dengan tujuan untuk menyederhanakan sistem pembayaran biaya kuliah dan memberikan kepastian biaya kuliah yang harus dibayar oleh mahasiswa.

Baca Juga: Unsur Biaya Hidup yang Harus Diperhitungkan Sebelum Merantau untuk Kuliah

Besarnya UKT yang harus dibayar oleh mahasiswa ditetapkan oleh masing-masing perguruan tinggi dan dapat berbeda-beda antara satu perguruan tinggi dengan perguruan tinggi lainnya.

Faktor yang mempengaruhi besarnya UKT antara lain adalah jenis program studi yang diambil, jenjang pendidikan, dan kelas yang diambil.

Adapun cara pembayaran UKT juga berbeda-beda di setiap perguruan tinggi. Beberapa perguruan tinggi menerapkan pembayaran UKT per semester, sementara beberapa perguruan tinggi menerapkan pembayaran UKT secara tahunan.

Baca Juga: Daftar Kampus Swasta Terpopuler di Yogyakarta

Selain itu, beberapa perguruan tinggi juga memberikan kemudahan bagi mahasiswa dengan memberikan opsi pembayaran UKT secara cicilan.

Halaman:

Editor: Iqbal Maulana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x