Proses Hukum Tetap Berlanjut, Manajer yang Ajak Staycation Karyawati kini di Pecat

- 12 Mei 2023, 21:14 WIB
Pengakuan Karyawati Pabrik Cikarang yang Diajak Jalan Bareng Bos Untuk Perpanjang Kontrak | NET
Pengakuan Karyawati Pabrik Cikarang yang Diajak Jalan Bareng Bos Untuk Perpanjang Kontrak | NET /

Berita Sleman - Belakangan ini heboh dengan berita yang viral dari salah satu karyawati di Bekasi. Dikutip dari Pikiran-rakyat.com bahwa informasi tersebut bermula ketika karyawati akan habis kontrak masa kerjanya.

Sang manajer perusahaan tersebut bersedia memperpanjang kontrak kryawati tersebut namun dengan salah satu syarat Dia mau diajak staycation.

Terduga pelaku pelecehan seksual kepada seorang karyawati di Kabupaten Bekasi, B, dipecat dari tempat kerjanya. Kendati demikian, kasus hukum yang ditangani Kepolisian Resor Metro Bekasi dipastikan tetap berlanjut.

Hal tersebut terungkap setelah Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor menginspeksi PT Kao Indonesia terkait kasus syarat staycation untuk karyawati demi perpanjangan kontrak, Kamis, 11 Mei 2023. Afriansyah menegaskan, kekerasan terhadap tenaga kerja tidak bisa dibiarkan.

“Tadi sudah diceritakan bahwa PT KAO sudah meminta PT Ikeda memberhentikan sementara manajer yang bermasalah sambil hukum berjalan. Saya juga sudah menelpon Kapolres langsung untuk memberikan atau menindaklanjuti temuan atau laporan dari korban. Pak Kapolres berjanji akan menindaklanjuti dengan memanggil semua pihak, saksi, korban dan lain-lain termasuk yang dilaporkan tentunya,” kata Afriansyah yang melakukan sidak dengan didampingi Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi, Nyumarno.

Sebelumnya, korban yang merupakan karyawati berinisial AD (24) merupakan karyawan alih daya PT Ikeda yang bekerja di PT Kao Indonesia. Di sisi lain, terduga pelaku, B, merupakan manajer PT Ikeda.

Baca Juga: Membangun Literasi Melestarikan Lingkungan Berbasis Kearifan Lokal

Afriansyah turut memuji langkah perusahaan memecat B. Namun, dia menyayangkan lemahnya mekanisme pengawasan sehingga dugaan pelecehan itu terjadi.

Afriansyah pun meminta perusahaan untuk memberi dukungan moril kepada AD selaku korban. Hal itu disampaikan karena sejak kasus ini terungkap, tidak ada bentuk perhatian dari perusahaan terhadap korban.

Halaman:

Editor: Nidaul Fauziah

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x