Fenomena FOMO yang Banyak Menjangkiti Masyarakat Sosial Saat Ini

- 24 Mei 2023, 06:21 WIB
Ilustrasi seorang perempuan yang mengalam fomo atau rasa takut akan ketinggalan, yang berdampak buruk pada kesehatan tubuh.
Ilustrasi seorang perempuan yang mengalam fomo atau rasa takut akan ketinggalan, yang berdampak buruk pada kesehatan tubuh. /Pixabay

BERITA SLEMAN - Istilah FOMO banyak menjadi pembahasan dalam beberapa momen terakhir. Hal tersebut berkaitan dengan kondisi masyarakat umum saat ini.

FOMO merupakan singkatan dari istilah "Fear of Missing Out". Istilah tersebut merujuk pada sikap ketakutan akan kehilangan momen penting.

Gejala FOMO merupakan fenomena psikologis yang dialami banyak orang di era digital.

FOMO merujuk pada perasaan cemas atau rasa takut akan melewatkan suatu pengalaman atau kejadian yang menarik yang sedang terjadi di tempat lain.

Baca Juga: Komponen Keislaman yang Mulai Luntur dan Perlu Jadi Perhatian Keluarga

Dalam dunia yang terhubung secara sosial, FOMO sering muncul karena terus-menerus melihat konten media sosial yang mengekspos hal-hal kesenangan.

Semakin sering melihat pihak lain menikmati momen-momen tersebut, maka lebih besar juga kecenderungan untuk merasa tertinggal atau terasing.

FOMO dapat berdampak negatif terhadap kesejahteraan mental seseorang.

Kecemasan dan tekanan mengikuti perkembangan media sosial dapat menyebabkan stres, ketidakpuasan, dan kekhawatiran tidak memiliki hidup yang cukup menarik seperti orang lain.

Halaman:

Editor: Iqbal Maulana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x