Niat, Doa, dan Tata Cara Sholat Dhuha bagi Pemula

- 14 April 2021, 13:17 WIB
Ilustrasi - Mengerjakan salat duha di bulan Ramadhan mendapat banyak keutamaan.
Ilustrasi - Mengerjakan salat duha di bulan Ramadhan mendapat banyak keutamaan. /Pixabay/surgull01

BERITA SLEMAN - Sholat dhuha biasanya dilakukan pada pagi hari hingga sebelum salat zuhur. Dikerjakan minimal dua rakaat, dan menjadi ibadah sunah. Artinya, jika dikerjakan mendatangkan pahala, dan apabila tidak dikerjakan tidak mendatangkan pahala.

Salat duha jika dikerjakan bisa jadi pemompa semangat untuk mengawali hari. Saat akan memulai pekerjaan kantor maupun sekolah. Sangat disayangkan jika saja salat duha dilalaikan dan membuang waktu dengan sia-sia.

Mungkin, ada yang beralasan waktu salat duha berada pada jam sibuk. Ada juga yang beralasan untuk melepas sepatu, berwudu atau ada juga yang takut bedak mereka terhapus oleh air wudu. Biasanya, alasan terakhir digunakan oleh para perempuan. Akhirnya, mereka membiarkan waktu duha berlalu.  

Salat duha di bulan Ramadhan tentu akan menambah kekhusyukan Anda dalam menjalani ibadah puasa. Bagaimana sih niat, doa dan tata cara salat duha? Berikut panduannya.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah dan Azan Maghrib DKI Jakarta Hari Ini, Rabu 14 April 2021

Baca Juga: Jadwal ANTV Hari Ini14 April 2021: Khusus Bulan Ramadhan, Ada Sahurnya Pesbukers dan Animasi Santri Boy

Niat Salat Duha

Sebelum Anda melakukan salat duha, Anda perlu memulainya dengan sebuah niat. Anda dapat meniatkannya dalam hati atau melafalkannya. Dalam lafal bahasa Arab, niat salat duha adalah sebagai berikut:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatad dhuhā rak‘ataini lillāhi ta‘ālā.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x