Cara Melaksanakan Sholat Idul Adha di Rumah, Panduan Mencegah Kerumunan saat Pandemi

- 12 Juli 2021, 20:43 WIB
Cara sholat Idul Adha di rumah setelah Kemenag mengimbau untuk tak sholat berjamaah di masjid selama masa pandemi Covid-19.
Cara sholat Idul Adha di rumah setelah Kemenag mengimbau untuk tak sholat berjamaah di masjid selama masa pandemi Covid-19. /FREEPIK/rawpixel

BERITA SLEMAN - Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia telah mengeluarkan surat edaran tentang larangan shalat Idul Adha berjamaah di masjid-masjid di wilayah merah dan oranye.

Pemerintah mengimbau umat Islam untuk melaksanakan salat Idul Adha tahun 2021 di rumah bersama keluarga.

Alasannya adalah kebijakan darurat PPKM pasca peningkatan jumlah orang yang terinfeksi Covid-19. Langkah ini seharusnya mengurangi momentum pertumbuhan infeksi virus corona dalam beberapa pekan terakhir.

Baca Juga: Simak Doa dan Tata Cara Lengkap Menyembelih Hewan Kurban pada Saat Idul Adha

Sholat Idul Adha sendiri merupakan salah satu sholat berjamaah yang berhukum sunnah muakkad. Anda dapat melakukannya secara berjamaah, bahkan jika itu dilakukan di rumah. Jika Anda tidak dapat berjamaah, Anda dapat melakukannya sendiri.

Tidak ada perbedaan besar dalam tata cara shalat Idul Adha di rumah ataupun di masjid. Kalau di masjid ada khutbah, tidak usah khutbah di rumah kalau tidak ada yang mampu. Hukum melaksanakan khutbah Idul Adha adalah sunnah.

Baca Juga: Syarat Hewan Kurban untuk di Hari Raya Idul Adha 2021, Berikut Umur dan Ciri-ciri Sehat

Berikut adalah tata cara pelaksanaan sholat Idul Adha di rumah.

1. Membaca Niat.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x