4 Amalan Sunnah Sebelum Melaksanakan Sholat Idul Fitri yang Sangat Dianjurkan bagi Umat Muslim

- 12 Mei 2021, 23:19 WIB
Sebelum sholat Idul Fitri, muslim dianjurkan melakukan 4 amalan sunnah yang dianjurkan Rasullullah SAW ini.
Sebelum sholat Idul Fitri, muslim dianjurkan melakukan 4 amalan sunnah yang dianjurkan Rasullullah SAW ini. /Dok. Kemenag

BERITA SLEMAN – Setelah berjuang menjalani puasa Ramadhan satu bulan lamanya, umat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Fitri yang disebutnya sebagai hari kemenangan.

Setiap Hari Raya Idul Fitri tiba, umat muslim akan menunaikan sholat Ied di masjid atau tanah lapang.

Namun sebelum menjalankan shalat Idul Fitri terdapat sejumlah amalan-amalan sunah yang bisa dikerjakan untuk menyempurnakan ibadah dan menambah pahala.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2021 dalam Bahasa Inggris dan Terjemahan

Berikut ini amalan-amalan sunah yang dianjurkan Rasulullah SAW sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri yang dapat menyempurnakan ibadah dan menambah pahala:

1. Mandi Keramas

Sebelum menunaikan ibadah Shalat Idul Fitri kita dianjurkan untuk mandi terlebih dahulu. Mandi merupakan cara membersihkan diri, sehingga ketika berangkat ke masjid atau tanah lapang untuk melaksanakan shalat Idul Fitri kita dalam kondisi bersih dan suci.

Rasulullah Muhammad SAW bersabda: “Dan dari Amdullah bin Abbas Raliyallahu Anhuma, ia berkata, 'Bahwasannya Nabi Sallallahu Alaihi wa Sallam mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha."  (HR. Ibnu Majah)

Bacaan niat mandi sebelum shalat Idul Fitri adalah sebagai berikut: "Nawaitul ghusla li 'îdil fithri sunnatan lillahi ta’aalaa."

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x