Kabupaten Klaten Jawa Tengah Terdampak Abu Vulkanik Merapi, Warga Diharap Berhati-Hati

- 28 Januari 2021, 10:16 WIB
Kabupaten Klaten Jawa Tengah Terdampak Abu Vulkanik Merapi, Warga Diharap Berhati-Hati.
Kabupaten Klaten Jawa Tengah Terdampak Abu Vulkanik Merapi, Warga Diharap Berhati-Hati. /Instagram.com/@bpptkg

BERITA SLEMAN- Perkembangan erupsi Gunung Merapi terus dipantau. Saat ini abu vulkanik yang dikeluarkan Gunung Merapi mengarah ke Klaten, Jawa Tengah.

Hujan abu akibat erupsi Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Yogyakarta-Jawa Tengah menerpa Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Dilansir Berita DIY dari akun Twitter @jalinmerapi, hujan abu mengguyur kawasan Tegalmulyo, Klaten.

"Hujan abu di Tegalmulyo atas #canguk #pajegan klaten," cuit akun tersebut.

Senada dengan pernyataan Camat Cangkringan Suparmono yang mengatakan bahwa luncuran awan panas Gunung Merapi kali ini mengarah ke Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Erupsi yang cukup besar, kata Suparmono, terjadi sekitar pukul 13.30 WIB dan mengarah ke barat daya menuju Kali Boyong dan Kali Krasak, dengan jarak luncur sekitar 1.600 meter dari puncak Merapi.

"Kami minta kepada warga agar tetap tenang dan lebih waspada," ujarnya.

Sebelumnya, warga yang tinggal di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III Erupsi Gunung Merapi, seperti Kali Tengah Lor sempat diungsikan selama lebih kurang  satu bulan, tepatnya sejak status Gunung Merapi dinaikkan ke level 3, level Siaga.

Akan tetapi, merujuk pada Surat Edaran dari Bupati Sleman dan laporan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada Selasa, 26 Januari 2021, warga yang mengungsi itu dipulangkan kembali ke rumah mereka masing-masing.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto

Sumber: Twitter @jalinmerapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah