Rincian Aset Panji Gumilang Bernilai Puluhan Miliar yang Disita Bareskrim Polri

- 23 Februari 2024, 13:49 WIB
Panji Gumilang ditetapkan oleh Bareskrim Polri sebagai tersangka penggelapan uang yayasan hingga Rp73 miliar.
Panji Gumilang ditetapkan oleh Bareskrim Polri sebagai tersangka penggelapan uang yayasan hingga Rp73 miliar. /Antara/Reno Esnir/

PIKIRAN RAKYAT SLEMAN - Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri menyita sejumlah aset milik pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang, selaku tersangka tindak pidana pencucian uang (TPPU).

"Aset yang disita, terdiri atas tanah, kendaraan, dan uang tunai," kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri Brigjen Pol. Whisnu Hermawan di Jakarta, Jumat, 23 Februari 2024.

Whisnu merinci aset tanah milik Panji Gumilang yang disita itu terdiri atas lima bidang tanah di Kota Depok seluas 866 meter persegi dengan nilai Rp6 miliar.

Baca Juga: Rahasia Diet Sehat Bersama Blibli, Rekomendasi 10 Makanan Lezat yang Harus Anda Coba

Kemudian, terdapat 42 bidang tanah di Kabupaten Indramayu dengan luas total 29,6 hektare (sekitar 296 ribu meter persegi) senilai Rp27,3 miliar.

"Kendaraan yang disita, tiga unit mobil Isuzu Mux senilai Rp1,1 miliar," kata Whisnu.

Selanjutnya, aset uang di 16 rekening Bank Mandiri senilai Rp271 miliar dan satu rekening berisi uang dollar Amerika Serikat senilai 480.700 dolar AS.

Whisnu menyebut pihaknya masih menghitung nilai total aset yang telah disita tersebut. Namun, penyidik masih melakukan penelusuran aset-aset lain milik Panji Gumilang terkait dengan TPPU.

"Asset tracing masih dilakukan. Data sementara, baru aset yang tadi disebut yang telah kami sita," ujarnya.

Perkembangan terkiri perkara TPPU yang menjerat Panji Gumilang itu ialah sudah masuk penyerahan berkas perkara tahap 1 ke jaksa penuntut umum Kejaksaan Agung pada Rabu, Februari 2024.

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x