Pembangunan Ibu Kota Nusantara, Presiden Jokowi: Keadilan Ekonomi dan Keseteraan Pembangunan

- 19 Oktober 2022, 14:46 WIB
Pembangunan IKN Komitmen Presiden Jokowi Membangun Indonesia Sentris
Pembangunan IKN Komitmen Presiden Jokowi Membangun Indonesia Sentris /

BERITA SLEMAN – Presiden Jokowi memapaparkan keistimwaan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang akan dibangun di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. 

Presiden Jokowi mengungkap bahwa Ibu Kota Nusantara akan dibangun dengan konsep Kota Pintar. 

Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga mengungkap, pembangunan Ibu Kota Nusantara adalah wujud perubahan peradapan yang menghadirkan sebuah konsep pembangunan Indonesiasentris. 

Melalui pembangunan IKN, Presiden Jokowi berharap pembangunan serta ekonomi yang tinggi tidak hanya berpusat di Pulau Jawa. 

Baca Juga: PSSI Janji kepada FIFA Bakal Transformasi Secara Maksimal Sepak Bola Indonesia

Dilansir dari portal Prfm News dengan judul,"Jokowi Beberkan Wujud Spesial IKN Berkonsep Kota Pintar: Pejalan Kaki Dihargai, Kemana-mana Cukup 10 Menit" Jokowi memaparkan konsep dan keistimewaan pembangunan IKN pada kegiatan ‘Ibu Kota Nusantara Sejarah Baru Peradaban Baru’ di Jakarta, Selasa 18 Oktober 2022.

“Indonesia perlu keadilan ekonomi, sekali lagi ada 17 ribu pulau, bukan hanya satu pulau. Perlu kesetaraan pembangunan, perlu pemerataan pembangunan. Ini yang ingin kita hadirkan yaitu dengan membangun Ibu Kota Nusantara,” ucap Presiden.

Wujud spesial IKN yang diungkap Presiden, pertama yakni IKN dibangun dengan konsep kota pintar masa depan berbasis alam dengan 70 persen area di IKN merupakan area hijau.

Lahan yang digunakan dalam pembangunan IKN saat ini merupakan hutan produksi monokultur dengan satu jenis pohon yaitu pohon eukaliptus yang ditebang setiap enam sampai tujuh tahun sekali.

Halaman:

Editor: Nidaul Fauziah

Sumber: PRFM News


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah