Ungkap Penyebab Gagal Ginjal Akut, Dirut RSCM: kami Coba Cari Apa Nama Obat yang Dipakai Sebelumnya

- 21 Oktober 2022, 20:25 WIB
Ilustrasi - RSCM ungkap penyebab gagal ginjal akut pada anak-anak
Ilustrasi - RSCM ungkap penyebab gagal ginjal akut pada anak-anak /Pixabay/

BERITA SLEMAN – Rumah sakit dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta mengungkap penyebab gagal ginjal akut yang menyebabkan puluhan balita meninggal dunia. 

RSCM telah melakukan penelitian terhadap beberapa sampel obat yang diduga menjadi penyebab gagal ginjal akut pada anak yang kini kasusnya terus meningkat di Indonesia.

Obat sirup yang diduga menjadi penyebab gagal ginjal akut pada anak-anak yakni obat sirup yang mengandung ethylene glycol (EG) dengan jumlah melebihi batas aman.

Baca Juga: Obat Gagal Ginjal Akut Dikirim dari Singapura, Menkes: Sudah Kita Tes, Aman dan Relatif Menyembuhkan

Dirut RSCM Lies Dina Liastuti menyampaikan bahwa pihaknya pada awal kasus belum terfikirkan bahwa obat yang menjadi penyebab dari gagal ginjal akut. 

Dilansir dari portal Cianjur Pedia dengan judul,"RSCM Lewat Penelitian Ungkap Penyebab Meningkatnya Penyakit Gagal Ginjal Pada Anak" pihak RSCM baru meneliti obat yang diduga menjadi penyebab gagal ginjal akut pada 11 pasien terakhir yang kini sedang dirawat. 

“Di awal munculnya kasus, kami tidak memikirkan kearah obat (penyebabnya, red). Jadi yang kami baru teliti tentang obat ini baru di 11 pasien terakhir yang sekarang ada (dirawat), mungkin lebih. Yang diperiksa untuk toksikologinya,” ucap Dirut RSCM Lies Dina Liastuti yang dikutip dari PMJNews pada tanggal 21 Oktober 22.

Baca Juga: BPOM Resmi Rilis 5 Obat Sirup yang Mengandung Etilen Glikol dan Dietilen Glikol

Berdasarkan data yang dikumpulkan pihak RSCM sebanyak 49 anak yang mengalami gagal ginjal akut progresif atipikal dan dalam perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Halaman:

Editor: Nidaul Fauziah

Sumber: Cianjurpedia.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x