Sejarah Hari Guru Nasional: Penghormatan untuk Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

- 25 November 2020, 14:07 WIB
Ucapan Selamat Hari Guru Nasional Presiden Joko Widodo.
Ucapan Selamat Hari Guru Nasional Presiden Joko Widodo. /Twitter.com/@Jokowi

BERITA DIY - Hari ini, Rabu 25 November 2020 diperingati sebagai Haru GUru Nasional ke 75. Beragam acara dilakukan untuk memperingati hari istimewa ini.

Sejumlah aktivitas spesial juga sepatutnya diberikan kepada para pahlawan tanpa tanda jasa yang sudah ikhlas mencerdaskan bangsa.

Tidak luput pula, sudah sepatutnya mahasiswa dan murid-murid untuk terus menghormati guru-guru mereka.

Penghargaan kepada guru tidak hanya dilakukan hari ini saja, melainkan sepanjang massa.

Baca Juga: Bela Islam, Paus Fransiskus Sebut Muslim Uighur Teraniaya, Begini Respon Tiongkok

Kita juga patut tahu sejarah dibalik peringatan Hari Guru Nasional yang dipersembahkan untuk bapak-ibu guru kita.

Berikut merupakan sejarah peringatan Hari Guru Nasional sebagaimana diberitakan berita DIY sebelumnya dengan judul: Menilik Sejarah 25 November Jadi Hari Guru Nasional, Perjalanan PGHB hingga PGRI.

Diawali pada tahun 1921 dibentuk sebuah organisasi bergerak di bidang pendidikan sebagai Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). Organisasi ini memperjuangkan nasib para anggotanya yang terdiri dari tenaga pendidik pribumi untuk memiliki persamaan hak dan posisi dengan pihak kolonial.

Baca Juga: Link Live Streaming Ikatan Cinta Episode 51 di RCTI 24 November 2020: Andin Kabur dari Al

PGHB mendorong kemunculan oraganisasi-organisasi guru lainnya dan membangkitkan semangat juang pendidikan untuk kemerdekaan.

Tahun 1932 PGHB bertransformasi menjadi organisasi yang mengatasnamakan diri dengan identitas bangsa, Persatuan Guru Indonesia (PGI).

Perubahan nama dengan kata 'Indonesia' sangat tidak disukai Belanda sebab nama Indonesia dilihat sebagai bentuk jiwa nasionalis dan mencerminkan semangat kebangsaan.

Namun sebaliknya, bagi organisatoris yang memperjuangkan pendidikan setara di negerinya sendiri, nama tersebut adalah dambaan dan impian yang harus terwujud.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: Berita DIY


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x