Ditegaskan dalam Al-Qur'an, Ini Doa Setelah Tayamum Beserta Artinya

- 12 Januari 2021, 14:05 WIB
Ditegaskan dalam Al-Qur'an, Ini Doa Setelah Tayamum Beserta Artinya.
Ditegaskan dalam Al-Qur'an, Ini Doa Setelah Tayamum Beserta Artinya. /Pixabay.com/@mnega16

BERITA SLEMAN - Ditegaskan dalam Al-Qur'an, bahwa jika seseorang hendak bersuci, tetapi tidak menemukan air, ia boleh bertayamum (kemudian ucapkan doa setelah Tayamum) sebagai pengganti wudhu.

Ditegaskan dalam Al-Qur'an, tayamum merupakan kemudahan/keringanan yang Allah SWT berikan kepada hambahnya ketika kondisi hambahnya sedang tidak mungkin bersuci dengan menggunakan air.

Ditegaskan dalam Al-Qur'an, kondisi yang tidak memungkinkan seorang hambah bersuci dengan menggunakan air ialah kesulitan air itu sendiri, dan sakit yang tak boleh terkena air.

Baca Juga: Doa Berpergian Jarak Jauh, Lengkap dengan Latin, Arab, dan Artinya dalam Bahasa Indonesia

Ditegaskan di dalam Al-Qur'an surah An Nisa’ ayat 43, Allah SWT berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَقْرَبُوا الصَّلٰوةَ وَاَنْتُمْ سُكَارٰى حَتّٰى تَعْلَمُوْا مَا تَقُوْلُوْنَ وَلَا جُنُبًا اِلَّا عَابِرِيْ سَبِيْلٍ حَتّٰى تَغْتَسِلُوْا ۗوَاِنْ كُنْتُمْ مَّرْضٰٓى اَوْ عَلٰى سَفَرٍ اَوْ جَاۤءَ اَحَدٌ مِّنْكُمْ مِّنَ الْغَاۤىِٕطِ اَوْ لٰمَسْتُمُ النِّسَاۤءَ فَلَمْ تَجِدُوْا مَاۤءً فَتَيَمَّمُوْا صَعِيْدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوْا بِوُجُوْهِكُمْ وَاَيْدِيْكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَفُوًّا غَفُوْرًا - ٤٣

Artinya:

“Wahai orang yang beriman! Janganlah kamu mendekati salat ketika kamu dalam keadaan mabuk, sampai kamu sadar apa yang kamu ucapkan, dan jangan pula (kamu hampiri masjid ketika kamu) dalam keadaan junub kecuali sekedar melewati jalan saja, sebelum kamu mandi (mandi junub). Adapun jika kamu sakit atau sedang dalam perjalanan atau sehabis buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, sedangkan kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Sungguh, Allah Maha Pemaaf, Maha Pengampun.”

Baca Juga: Doa Keluar Rumah Beserta Artinya dalam Bahasa Indonesia Lengkap Arab, Indonesia, Latin

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah