Apa Itu Definisi Mandi Wajib? Dan Alasan Islam Mewajibkan Jika Punya Hadast Besar

- 1 September 2021, 20:59 WIB
ILUSTRASI - Definisi mandi wajib dari istilah dan bahasa serta alasan Islam mewajibkan mandi junub jika punya hadast besar.
ILUSTRASI - Definisi mandi wajib dari istilah dan bahasa serta alasan Islam mewajibkan mandi junub jika punya hadast besar. /PIXABAY/Tookapic

BERITA SLEMAN - Definisi mandi wajib adalah cara yang diajarkan dalam Islam untuk menyucikan diri jika punya hadast besar. Para ulama lebih sering menyebut penyucian diri ini sebagai mandi janabah atau junub.

Dilansir dari buku "Sudah Mandi Wajib Haruskah Wudhu Lagi?" karya Saiyid Mahadhir janabah secara bahasa punya arti jauh.

Didefinisikan jauh karena seseorang sedang dalam kondisi menjauhi sholat wajib, membaca Al Quran dan hal-hal yang diwajibkan Islam karena mempunyai hadast besar.

Baca Juga: Bacaan Doa Pergantian Bulan Lengkap Arab, Latin dan Arti Bahasa Indonesia: Agar Diberi Kemudahan Rezeki

Sedang secara istilah, mandi wajib atau mandi junub adalah mandi mengalirkan air pada tubuh dengan tata cara khusus yang disertai syarat dan rukun.

Alasan harus mandi wajib

Para ulama mewajibkan seorang muslim untuk mandi wajib karena enam alasan. Tiga di antaranya dapat terjadi pada laki-laki dan perempuan, sedangkan tiga lainnya untuk perempuan saja.

Adapun enam faktor tersebut adalah sebagai berikut:

1. Keluar mani

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah