Jenis-jenis Tes CPNS dan PPPK 2021, Pelajari agar Lolos Seleksi CPNS

- 19 Mei 2021, 10:00 WIB
Ilustrasi tes CPNS.
Ilustrasi tes CPNS. /Instagram/@bkngoidofficial

BERITA SLEMAN - Jenis tes, kisi-kisi dan materi soal tes CPNS dan PPPK 2021. Pendaftaran CPNS akan kembali dibuka tahun ini. Menurut kabar yang beredar, pendaftaran akan dibuka pada akhir bulan Mei 2021.

Pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK dijadwalkan akan berlangsung pada Mei-Juni 2021. Sementara jadwal seleksi akan diselenggarakan pada Juli hingga Oktober 2021. Namun BKN selaku penyelenggara belum mengumumkan tanggal resmi terkait hal tersebut.

Pada tahun ini seleksi CPNS dan PPPk akan menggunakan sistem CAT BKN. CAT BKN merupakan sistem seleksi menggunakan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan lulusan yang memenuhi standar minimal kompetensi yang telah ditentukan.

Baca Juga: Simak Perbedaan dan Persamaan CPNS, ASN, PNS, dan PPPK

Ketentuan ini telah tercantum dalam Peraturan BKN Nomor 50 Tahun 2019. Ketentuan terbarunya adalah Peraturan BKN Nomor 2 Tahun 2021 tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode CAT BKN tanggal 29 Maret 2021.

 

Selain dokumen yang wajib disiapkan, calon peserta juga perlu memahami dan pelajari jenis tes, kisi-kisi serta materi soal dalam tes yang akan dikerjakan nantinya.

Berikut ini materi dan kisi-kisi soal tes seleksi CPNS dan PPPK 2021:

Mengacu pada seleksi CPNS sebelumnya, seleksi terdiri dari beberapa tahap, yakni:

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah