Waspadai Ringworm, Infeksi Jamur yang Bisa Menular dari Hewan Peliharaan

- 19 Juli 2022, 16:17 WIB
Ilustrasi - Ringworm adalah apa, ini pengertian, penyebab dan 4 jenis infeksi jamur kulit Ringworm pada manusia dan nama salep atau obat.
Ilustrasi - Ringworm adalah apa, ini pengertian, penyebab dan 4 jenis infeksi jamur kulit Ringworm pada manusia dan nama salep atau obat. /pixabay/backy3723

BERITA SLEMAN - Beberapa waktu belakangan, infeksi Ringworm ramai dibicarakan.

Infeksi Ringworm merupakan salah satu infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur.

Infeksi ini berwarna merah melingkar dan menyebabkan gatal. Bentuknya yang melingkar seperti cincin inilah yang menyebabkan infeksi jamur ini disebut Ringworm.

Selain tumbuh di kulit manusia, jamur ini juga bisa tumbuh di berbagai peralatan rumah tangga yang bersentuhan langsung dengan kulit seperti kasur, handuk, dan lap.

Di Indonesia, jenis infeksi ini lebih dikenal dengan Kurap. Adapun nama ilmiahnya ialah Tinea atau Dermatofitosis.

Dikutip Berita Sleman dari pikiran-rakyat.com berjudul "Mengenal Ringworm, Infeksi Jamur yang Ternyata Bisa Menular dari Hewan Peliharaan".

Selain pada kulit, Ringworm juga bisa menginfeksi area lainnya seperti kuku tangan dan kuku kaki. Gejala yang dirasakan biasanya tergantung pada area yang terinfeksi.

Gejala umum yang dirasakan biasanya rasa gatal pada kulit, ruam berbentuk lingkaran, kulit merah bersisik serta pecah-pecah. Terkadang juga mengakibatkan kerontokan rambut.

Selain itu, gejala biasanya muncul sekitar 4-14 hari setelah kulit bersentuhan dengan jamur yang menyebabkan Ringworm.

Halaman:

Editor: Nidaul Fauziah

Sumber: pikiran-rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x