Cara Cek Data Bansos PKH, BST, dan BNPT Melalui Link cekbansos.kemensos.go.id

- 23 April 2021, 15:32 WIB
Kini penerima bantuan bisa lakukan pengecekan melalui link baru. Setelah Kemensos melakukan pembaruan data DTKS penerima bansos.
Kini penerima bantuan bisa lakukan pengecekan melalui link baru. Setelah Kemensos melakukan pembaruan data DTKS penerima bansos. /Kemensos.go.id

BERITA SLEMAN – Cara cek penerima bantuan Sosial dari Kementrian Sosial (Kemensos) kini bisa dilakukan di link https://cekbansos.kemensos.go.id, ukan lagi melalui dtks.kemensos.go.id.

Bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) nama penerima bansos bisa langsung dicek di link https://cekbansos.kemensos.go.id dengan mengisi data nama dan desa kelurahan tempat tinggalnya.

Masyarakat, kata Mensos Tri Rismaharini, bisa memantau data bansos yang telah disalurkan maupun yang masih dalam proses penyaluran melalui https://cekbansos.kemensos.go.id tersebut.

Baca Juga: Akses Link banpresbpum.id Pakai NIK eKTP, Berikut Cara Cek Online Penerima BPUM 2021 via Bank BNI

 

Dikutip dari laman resmi Kemensos,Peluncuran aplikasi berbasis web ini merupakan tindak lanjut perbaikan DTKS yang dilakukan oleh Kemensos.

Dilakukannya perbaikan data agar seluruh data memiliki identitas tunggal dan Nomer Identitas Kependudukan (NIK) yang padan dengan data kependudukan yang dikelola Kementerian Dalam Negeri dalam hal ini Direktorat Jenderal Kependudukan dan pencatatan sipil.

“DTKS sepanjang bulan Maret telah dipulihkan integritasnya dan ditetapkan pada 1 April 2021 melalui Kepmensos No 12/HUK/2021 sehingga menjadi New DTKS,” kata Mensos, Tri Rismaharini dikutip dari keterangan resmi Kemensos, Kamis, 22 April 2021.

Risma berharap aplikasi ini dapat memenuhi hak Informasi Publik dan meningkatkan transparansi penyaluran bantuan sosial.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah