Apa Arti On Eternal Patrol, Submiss, Subsunk, Blackout, hingga Wira Ananta Rudira yang Ramai di Media Sosial?

- 25 April 2021, 13:55 WIB
KRI Teluk Banten-516 berlayar untuk melakukan operasi pencarian KRI Nanggala-402 dari Pelabuhan Tanjung Wangi di Banyuwangi, Jawa Timur,  Minggu (25/4/2021). TNI AL menaikan status operasi pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang di perairan utara Pulau Bali, dari tahap hilang kontak atau sub-missed ke tahap tenggelam atau sub-sunk dan pencarian akan terus dilakukan hingga seluruh awak kapal selam KRI Nanggala-402 dapat dievakuasi. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/wsj.
KRI Teluk Banten-516 berlayar untuk melakukan operasi pencarian KRI Nanggala-402 dari Pelabuhan Tanjung Wangi di Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (25/4/2021). TNI AL menaikan status operasi pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang di perairan utara Pulau Bali, dari tahap hilang kontak atau sub-missed ke tahap tenggelam atau sub-sunk dan pencarian akan terus dilakukan hingga seluruh awak kapal selam KRI Nanggala-402 dapat dievakuasi. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/wsj. /Zabur Karuru/ANTARA FOTO

BERITA SLEMAN - Kapal Selam KRI Nanggala-402 hilang kontak sejak Rabu 21 April 2021 saat latihan tempur di perairan Bali. Selama pencarian, TNI dan beberapa pakar menggunakan berbagai istilah dan semboyan yang belum dikenal oleh khalayak.

Istilah dan semboyan itu, antara lain, On Eternal Patrol, subsunk, blackout, submiss hingga Wira Ananta Rudira.

Untuk memudahkannya, BERITA SLEMAN akan memberi informasi dari berbagai istilah di atas. Sebagaimana dilansir dari BERITA DIY dari artikel yang berjudul "Arti On Eternal Patrol, Subsunk, dan Submiss, Prosedur Pencarian Kapal Selam KRI Nanggala-402".

Baca Juga: Anies Baswedan: Wira Ananta Rudira, 53 Awak Kapal Selam KRI Nanggala-402

Berikut arti dari On Eternal Patrolsubsunk, blackout, submiss hingga Wira Ananta Rudira:

Sebagai informasi, prosedur pertama pencarian kapal selam usai kapal selam tersebut dinyatakan hilang ialah sublook atau hilang kontak.

Setelah tiga jam pencarian, kapal selam yang hilang dan tidak berhasil ditemukan akan dinyatakan submiss atau hilang.

Baca Juga: Update Pencarian Kapal Selam KRI Nanggala-402: Dinyatakan Tenggelam dan Kehabisan Oksigen

Setelah tiga jam pencarian dan tidak membuahkan hasil, akan disebut sebagai subsunk, yang berarti tenggelam .

Setelah itu, kapal akan dinyatakan subsunk atau tenggelam jika dalam masa pencarian yang diperpanjang tidak ditemukan lagi.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah