Angkutan Gelap Menjamur saat Mudik Dilarang, Pengamat: Lebih Baik Mudik Diperbolehkan Saja

- 26 April 2021, 17:32 WIB
Personel kepolisian memeriksa surat kendaraan saat pengetatan dan pengamanan mudik di rest area KM 275, Penarukan, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Senin (26/4/2021). Pengetatan jalur mudik di Tol Pejagan-Pemalang dengan memberikan himbauan tentang protokol kesehatan, membagikan masker dan brosur tata tertib lalu lintas tersebut untuk mengantisipasi adanya pemudik awal terkait larangan mudik oleh pemerintah. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/rwa.
Personel kepolisian memeriksa surat kendaraan saat pengetatan dan pengamanan mudik di rest area KM 275, Penarukan, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Senin (26/4/2021). Pengetatan jalur mudik di Tol Pejagan-Pemalang dengan memberikan himbauan tentang protokol kesehatan, membagikan masker dan brosur tata tertib lalu lintas tersebut untuk mengantisipasi adanya pemudik awal terkait larangan mudik oleh pemerintah. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/rwa. /Oky Lukmansyah/ANTARA FOTO

BERITA SLEMAN - Angkutan gelap mulai menawarkan jasa mudik di media sosial jelang larangan mudik. Sebelumnya, Pemerintah RI telah melarang perjalanan mudik dari 6-17 Mei 2021 dan telah memperketat mobilitas sejak 22 April hingga 24 Mei mendatang.

Di beberapa grup Facebook, beberapa agen angkutan gelap telah banyak menawarkan jasa angkutan mudik. Mereka menjamin aman hingga sampai tujuan.

BERITA SLEMAN mencoba menghubungi beberapa agen travel untuk memastikan tawaran jasa angkutan mudik. Seperti agen dari travel AT, mereka tetap menyediakan jasa angkutan selama tanggal pelarangan mudik.

Baca Juga: Mudik Dilarang, tapi Ratusan WNA Asal India Masuk Indonesia, kok Bisa?

"Jamin aman, pak," katanya saat dihubungi Senin 26 April 2021.

Dia menawarkan angkutan mudik dengan jalur Jakarta menuju Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.

Tarif yang dipatok oleh AT berkisar dari yang terendah Rp350.000 (Jakarta-Bandung) hingga yang tertinggi Rp600.000 (Jakarta-Yogyakarta/Jakarta-Solo).

Penyesuaian tarif ini, catat AT, karena besarnya risiko bagi sopir angkutan mudik gelap, seperti penyekatan dan penindakan aparat di jalan. 

Baca Juga: Catat, Ini Syarat Lengkap Perjalanan Sebelum dan Sesudah Larangan Mudik 2021

Prosedur pemberangkatan agen angkutan mudik gelap ini nantinya setelah pembayaran tiket angkutan mudik, agen akan menjemput langsung di rumah penumpang.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah