Cara Cek Penerima Bansos PKH dan BPNT Melalui cekbansos.kemensos.go.id di Mei 2021

- 9 Mei 2021, 14:00 WIB
Jelang lebaran berbagai bansos dikebut Pemerintah.
Jelang lebaran berbagai bansos dikebut Pemerintah. /Antara/Adeng Bustomi

BERITA SLEMAN - Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) akan percepat pencairan berbagai bantuan sosial di Mei 2021 sebelum lebaran 2021.

Bansos yang akan dicairkan yakni Program Kartu Sembako atau Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) dan BLT Dana Desa.

"Kemungkinan bantuan akan dirapel untuk bulan Mei dan Juni akan diberikan sekaligus, agar dapat digunakan untuk belanja," ucap Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI, Muhadjir Effendy dalam Konferensi Pers BPKN, 20 April 2021.

Baca Juga: Cara Cek BLT UMKM Rp1,2 Juta di BRI eform.bri.co.id dan BNI Banpresbpum.id, Pencairan Dikebut Sebelum Lebaran

Sebelumnya, Kemensos telah menghentikan Program bantuan sosial tunai (BST) setelah kata Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, pemerintah sudah tidak memiliki anggaran lagi.

Bansos PKH telah disalurkan sejak awal Ramadhan 2021, di mana penyebarannya dilakukan melalui bank milik pemerintah seperti BNI, BRI, Mandiri, dan BTN.

Bansos tunai PKH diberikan kepada golongan masyarakat tertentu seperti Ibu Hamil, Anak Usia Dini, Anak Sekolah SD-SMA, Lansia, dan Penyandang Disabilitas dengan besaran bantuan yang berbeda.

Dana BNPT berjumlah Rp200.000 per bulan untuk setiap satu Kartu Keluarga (KK). Disalurkan melalui perbankan dan agen yang ditunjuk pemerintah.

Baca Juga: Cara Pencairan BLT BPUM Lewat Bank BRI dan BNI, Bawa Berkas Ini Bantuan Rp1,2 Juta Cair

BLT Dana desa juga diharapkan cair sebelum Lebaran 2021. Jumlah BLT Dana Desa yakni Rp300.000 per keluarga.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah