Kapan Turun Malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan, dan Apa Keutamaannya

- 24 April 2021, 21:04 WIB
Ilustrasi - Lailatul qadar merupakan malam yang penuh berkah, sering disebut sebagai malam seribu bulan.
Ilustrasi - Lailatul qadar merupakan malam yang penuh berkah, sering disebut sebagai malam seribu bulan. /pixabay.com/dayamay

BERITA SLEMAN - Lailatul qadar menjadi malam paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Terlebih malam lailatul qadar ini hanya datang satu kali dalam setahun.

Lailatul qadar merupakan malam yang penuh berkah, sering disebut sebagai malam seribu bulan. Malam lailatul qadar menyimpan keutamaan atau keberkahan yang berlipat-lipat karena terletak di bulan Ramadhan.

Diturunkannya Al-Quran pada bulan Ramadhan menjadi bukti nyata atas kemuliaan dan keutamaan bulan Ramadhan.

Baca Juga: Hindari 5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Berat Badan Naik saat Puasa

Allah berfirman:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ، وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ, لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ، تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ، سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar. (Q.S. al-Qadr [97]: 1-5).

Allah SWT menyediakan bulan Ramadhan sebagai fasilitas penghapusan dosa. Kala kehadiran lailatul qadar, semua umat Muslim dianjurkan memperbanyak bacaan istighfar kepada Allah SWT.

Baca Juga: Bau Mulut saat Puasa? Hilangkan dengan 3 Cara Ini

Malam lailatul qadar juha malam yang penuh kesejahteraan.Selain penuh dengan keberkahan, malam lailatul qadar juga dipenuhi dengan kesejahteraan dan kedamaian.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x