Black Box: Seberapa Penting Benda Ini dalam Pengungkapan Kecelakaan Pesawat, Berikut Penjelasannya

- 12 Januari 2021, 10:05 WIB
Ilustrasi black box pesawat.
Ilustrasi black box pesawat. /ANTARA FOTO/ Aprilio Akbar

BERITA SLEMAN - Black Box atau kotak hitam menjadi barang penting yang selalu dicari ketika terjadi kecelakaan pesawat. Selepas terjadi kecelakaan pesawat, tim SAR akan melakukan identifikasi dan evakuasi terlebih dahulu dimana letak pesawat jatuh. Lantas kemudian baru mencari Black Box.

Namun apa itu Black Box? Seberapa penting pencarian benda berbentuk kotak ini dalam mengungkap penyebab terjadinya kecelakaan pesawat?

Black box didesain tidak akan hancur sekalipun pesawat mengalami ledakan. Dalam dunia industri penerbangan, Black Box berfungsi untuk merekam data penerbangan.

Baca Juga: Doa Meminta Ilmu dan Rezeki: Ucapkan Pada Pagi Hari Sebelum Beraktivitas

Baca Juga: PSBB Ketat, Masuk Jawa Barat Wajib Tunjukkan Surat Bebas Covid-19

Lantas bagaimana cara kerja Black Box?

Black Box menggambarkan CVR (Cockpit Voice Recorder) atau FDR (Flight Data Recorder), atau kombinasi keduanya, sebagaimana diberitakan oleh aksarajabar.pikiran-rakyat.com berjudul "Apa Itu Black Box? Ini Cara Kerja dan Fungsinya!" pada tanggal 11 Januari 2021.

FDR ini akan terus bekerja merekam beragam data (sekitar 700 parameter berbeda) tentang semua aspek pesawat saat terbang dari satu tempat ke tempat lain.

Kemudian CVR merekam percakapan di dek penerbangan dan suara lain seperti transmisi radio dan alarm otomatis di dua jam penerbangan terakhir.

Ide dasarnya adalah untuk memudahkan merekontruksi apa yang sebenarnya terjadi, saat terjadi kecelakaaan dalam sebuah pesawat.

Baca Juga: Sinopsis IKATAN CINTA Senin, 11 Januari 2021: Erlangga Memperingatkan Al Soal Elsa dan Nino

Halaman:

Editor: Muhammad Suria

Sumber: Aksara Jabar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x