FIFA dan Pemerintah Akan Bentuk Tim Transformasi Sepakbola Indonesia, Alhamdulillah Tidak Kena Sanksi

- 8 Oktober 2022, 10:40 WIB
Presiden Jokowi, FIFA dan Pemerintah Akan Bentuk Tim Transformasi Sepakbola Indonesia
Presiden Jokowi, FIFA dan Pemerintah Akan Bentuk Tim Transformasi Sepakbola Indonesia /Sekretariat Presiden/

BERITA SLEMAN – Presiden Jokowi mengumumkan bahwa Indonesia tidak disanksi FIFA akibat tragedi Kanjuruhan kemarin. Hal ini melanjutkan pembicaraan dan korespondensi antara Jokowi dengan Presiden FIFA Gianni Infantino.

Berdasarkan pernyataan Presiden yang dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden,  “Alhamdulillah, sepak bola Indonesia tidak kena sanksi. Selanjutnya, FIFA bersama-sama dengan pemerintah akan membentuk tim transformasi. Dan FIFA juga akan berkantor di Indonesia selama proses tersebut:” kata Jokowi.

FIFA, AFC, dan Pemerintah Indonesia juga akan melakukan kolaborasi utamanya untuk membangun standar keamanan stadion.

Hal tersebut dilakukan mengingat penting menetapkan mengenai standar pengamanan yang dilakukan oleh aparat. Secara prosedur standar kemanan harus mengikuti aturan dan mengedepankan humanisme.

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan Malang, Ada Kemungkinan Bertambahnya Tersangka Baru Mengikuti Proses Penyidikan Polisi

“Selanjutnya adalah melakukan sosialisasi dan diskusi dengan beberapa klub sepakbola di Indonesia. Termasuk juga dari suporter untuk mendapatkan saran dan masukan” kata Presiden menambahkan.

Hal yang menjadi perhatian lainnya adalah tentang jadwal pertandingan antar klub untuk menakar potensi dan resiko yang ada. Yang kelima adalah pendampingan dari para ahli di bidangnya.

Rencananya, Presiden FIFA akan datang ke Indonesia sekitar bulan Oktober atau November untuk bisa berdiskusi dengan pemerintah Indonesia.

Hal ini dilakukan mengingat FIFA dan seluruh masyarakat sepakbola di dunia berduka akibat tragedi di stadion Kanjuruhan Malang Sabtu, 1 Oktober kemarin.

Halaman:

Editor: Putu Ayu Amita Sari

Sumber: Pikiran Rakyat Sekretariat Presiden


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x