Orang Jawa Wajib Tahu! Ini 11 Nama Tembang Macapat Jawa Lengkap dengan Arti dan Maknanya

- 11 Juni 2021, 14:14 WIB
Ilustrasi: 11 Nama Tembang Macapat Bahasa Jawa lengkap dengan arti dan makna.
Ilustrasi: 11 Nama Tembang Macapat Bahasa Jawa lengkap dengan arti dan makna. /pixabay/ steinchen

BERITA SLEMAN – Simak 11 nama-nama tembang Macapat dengan arti dan maknanya. Orang Jawa Wajib Tahu!

Tembang Macapat adalah karangan atau gabungan kata dengan patokan tertentu dan pembacaannya menggunakan penataan seni suara atau nada disertai susunan bahasa dan sastra.

Pengertian lain, Macapat adalah tembang atau puisi tradisional Jawa. Setiap bait macapat mempunyai baris kalimat yang disebut gatra, dan setiap gatra mempunyai sejumlah suku kata (guru wilangan) tertentu, dan berakhir pada bunyi sajak akhir yang disebut guru lagu.

Baca Juga: Link, Syarat dan Cara Daftar Sekolah Kedinasan 2021, Pendaftaran akan Ditutup Hari Ini Pukul 23.59 WIB

Pada umumnya macapat diartikan sebagai maca papat-papat (membaca empat-empat), yaitu maksudnya cara membaca terjalin tiap empat suku kata, dari suku kata larik dan suku kata selanjutnya sisa dalam setiap lariknya.

Tembang macapat ada 11 jenis yaitu tembang mijil, kinanthi, sinom, asmaradana, dhandhanggula, gambuh, maskumambang, durma, pangkur, megatruh, dan pocung. Berikut pengertian dan pernjelasan lengkapnya.

  1. Tembang Maskumambang

Maskumambang berasal dari dua kata, yakni mas dan kumambang yang dalam bahasa Indonesia artinya emas terapung. Tembang macapat maskumbang menceritakan tahap pertama dalam perjalanan hidup manusia.

Maskumambang melambangkan anak yang masih dalam kandungan. Tembang macapat maskumambang banyak berisi nasehat kepada seorang anak agar selalu berbakti kepada orang tua.

Baca Juga: Kumpulan Kata-kata Sungkem dalam Bahasa Jawa dan Artinya Diucapkan saat Lebaran Idul Fitri

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x