4 Manfaat atau Khasiat Porang, Tanaman Umbi yang Dilarang Ekspor oleh Jokowi

- 21 Agustus 2021, 21:05 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin tanaman porang yang punya sejumlah manfaat baik bagi kesehatan tubuh tidak diekspor lagi ke luar negeri.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin tanaman porang yang punya sejumlah manfaat baik bagi kesehatan tubuh tidak diekspor lagi ke luar negeri. /Tangkap layar Instagram.com/@jokowi

BERITA SLEMAN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap tanaman porang yang punya beberapa manfaat baik bagi kesehatan tubuh tidak diekspor lagi ke luar negeri.

"Tadi saya sudah sampaikan ke Mentan untuk betul-betul kita seriusi komoditas baru ini, porang," ujarnya saat meninjau fasilitas pabrik pengolahan porang di Madiun yang disiarkan melalui Youtube Sekretariat Presiden, Kamis 19 Agustus 2021.

Jokowi ingin, para petani dan pengusaha Indonesia tidak ekspor porang secara mentah, namun dalam bentuk setengah jadi atau jadi. Terbentuk jadi tepung atau beras.

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengatasi Masuk Angin Tidak Pakai Obat untuk Kesehatan Tubuh

Mengutip dari berbagai sumber, porang adalah tanaman jenis umbi-umbian yang memiliki nama latin Amorphophallus muelleri Bl. Di beberapa daerah, porang dikenal dengan nama iles-iles. Sama seperti umbi lainnya, porang juga dapat dikonsumsi.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, porang juga bisa diolah menjadi produk lain yang menghasilkan nilai tambah (value added) secara ekonomi.

Berikut empat manfaat porang untuk kesehatan tubuh manusia, antara lain:

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengatasi Masuk Angin Tidak Pakai Obat untuk Kesehatan Tubuh

1. Punya serat untuk lancarkan pencernaan dan sembelit

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah