Manfaat Vitamin D dan Alasan Penting untuk Kesehatan Anggota Keluarga di Masa Pandemi

- 26 Agustus 2021, 14:30 WIB
ILUSTRASI - Berjemur di bawah sinar matahari adalah salah satu cara untuk mendapat manfaat vitamin D. Simak alasan penting mengapa seseorang perlu mendapatkan nutrisi ini saat pandemi Covid-19.
ILUSTRASI - Berjemur di bawah sinar matahari adalah salah satu cara untuk mendapat manfaat vitamin D. Simak alasan penting mengapa seseorang perlu mendapatkan nutrisi ini saat pandemi Covid-19. /PEXELS/Angelina Lobanova

BERITA SLEMAN - Nutrisi bernama vitamin D mempunyai manfaat untuk mencegah infeksi virus corona penyebab penyakit Covid-19. Menjadi nutrisi penting yang dibutuhkan anggota keluarga di masa pandemi.

Dilansir dari Journal of Infection and Public Health, vitamin D adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk bisa berfungsi dengan baik. Ia berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium.

Peran utama vitamin D adalah menguatkan tulang dan gigi serta meningkatkan kesehatan daya tahan tubuh atau imun tubuh.

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengatasi Masuk Angin Tidak Pakai Obat untuk Kesehatan Tubuh

Dikutip dari National Institutes of Health's Office of Dietary Supplements, vitamin D sendiri dapat larut dalam lemak. Terdapat dua bentuk utama vitamin D yang ditemukan pada makanan dan suplemen.

Pertama adalah vitamin D2 (ergocalciferol) yang ditemukan pada beberapa jamur, dan kedua vitamin D3 (cholecalciferol) yang ditemukan pada ikan, minyak ikan, kuning telur, dan sinar matahari.

Kualitas vitamin D3 yang berasal dari sinar matahari disebut jauh lebih tinggi daripada vitamin D dari makanan. Pasalnya, vitamin D3 lebih mudah diproses tubuh dan bertahan lebih lama dalam darah.

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengatasi Masuk Angin Tidak Pakai Obat untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat vitamin D bagi kesehatan tubuh

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x