Kenali Roehana Koeddoes di Google Doodle 8 November 2021 Hari Ini, Jurnalis Perempuan Pertama Indonesia

- 8 November 2021, 14:21 WIB
Google Doodle hari ini, 8 November 2021 merayakan penetapan gelar pahlawan Roehana Koeddoes yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 8 November 2019 lalu.
Google Doodle hari ini, 8 November 2021 merayakan penetapan gelar pahlawan Roehana Koeddoes yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 8 November 2019 lalu. /Tangkap layar Google.co.id

BERITA SLEMAN - Di beranda Google Doodle 8 November 2021 hari ini menampilkan Roehana Koeddoes. Berikut profil pelopor jurnalis perempuan Indonesia ini.

Roehana Koeddoes atau Ruhana Kudus dengan ejaan masa kini, adalah guru sekaligus wartawan perempuan pertama di Indonesia.

Adapun Google Doodle hari ini, 8 November 2021 merayakan penetapan gelar pahlawan Roehana Koeddoes yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 8 November 2019 lalu.

Baca Juga: Profil Ribka Sugiarto, Mulai Karier Sebagai Atlet Bulu Tangkis hingga Hubungan Asmara

Roehana Koeddoes lahir pada 20 Desember 1884 di Koto Gadang, Sumatra Barat, Hindia Belanda (kini jadi Indonesia).

Terlahir dengan nama Siti Roehana, jurnalis yang membawa pesan kesetaraan ini membaca teks mula-mula dari surat kabar lokal di usia tujuh tahun.

Namun, Roehana Koeddoes mengawali karier sebagai guru. Ia mendirikan sekolah di kota kelahirannya.

Baca Juga: Profil Lengkap Vanessa Angel yang Meninggal karena Kecelakaan, Karier hingga Kehidupan Pribadinya

Secara sederhana, Poetri Hindia, sekolah yang didirikan Roehana Koeddoes mengajari para perempuan di daerahnya untuk baca tulis teks bahasa Arab dan pendidikan norma masyarakat.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah