BSU Tahap 5 Sudah Cair, 4,9 Juta Orang Sudah Terima Subsidi Upah 2021: Cek bsu.kemnaker.go.id

- 27 September 2021, 19:31 WIB
ILUSTRASI: BSU sudah cair ke 4,9 juta rekening pekerja, cek penyaluran tahap 5 di bsu.kemnaker.go.id.
ILUSTRASI: BSU sudah cair ke 4,9 juta rekening pekerja, cek penyaluran tahap 5 di bsu.kemnaker.go.id. /Tangkap layar Instagram.com/@bni46

BERITA SLEMAN – Bantuan Subsidi Upah (BSU) tahap 5 sudah mulai cair ke rekening, pekerja bisa cek bsu.kemnaker.go.id untuk cek tahap penyaluran.

Saat ini, Subsidi Upah 2021 sudah cair ke 4,9 juta orang dan sudah cair hingga tahap 5. Penyaluran di tahap ini diperkirakan akan selesai pada Oktober 2021 mendatang.

“Total dana yang telah disalurkan hingga saat ini per-24 September, sebesar Rp4.911.200.000.000 (Rp4,9 triliun), yang terdiri dari rekening existing Bank Himbara dan burekol (pembukaan rekening kolektif),” jelas Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial (PHI dan Jamsos) Kemnaker, Indah Anggoro Putri, seperti dilansir dari kemnaker.go.id, Jumat, 24 September 2021 lalu.

Baca Juga: Ada 2,8 Juta Calon Penerima BSU Data BPJS Ketenagakerjaan Dihapus, Ini 3 Link Cek BLT Subsidi Gaji

Tahun 2021 ini, Kemnaker akan menyalurkan BSU Rp1 juta ke 8,7 juta rekening pekerja. Pada tahap 1 dan 2 penyaluran diprioritaskan kepada pekerja yang memiliki rekening Bank HIMBARA, sedangkan untuk tahap 3, 4, dan tahap 5 difokuskan kepada pekerja yang belum memiliki rekening bank HIMBARA untuk nantinya dibuatkan rekening secara kolektif atau burekol.

Guna pencairan tepat sasaran, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menegaskan bahwa BSU Rp1 juta ini diprioritaskan bagi pekerja yang belum menerima bantuan sosial (bansos) lain dari pemerintah, seperti Kartu Prakerja, PKH, dan BPUM.

“Kita prioritaskan penerima BSU ini tidak menerima program lain, sehingga ada pemerataan penyaluran berbagai bantuan pemerintah yang telah dikeluarkan oleh pemerintah,” tegas Menaker Ida, 26 September 2021 lalu melansir dari kemnaker.go.id.

Baca Juga: Penuhi 5 Syarat Ini, Pekerja Kena PHK Bisa Dapat BSU Rp1 Juta: Pakai 7 Data Ini untuk Pembukaan Rekening Baru

Sementara itu, pekerja dapat cek alur penyaluran BSU di tahap 5 ini melalui link resmi dari Subsidi Upah Kemnaker, bsu.kemnaker.go.id.

Setelah login, pekerja akan mendapatkan beberapa pemberitahuan terkait tahap penyaluran ke rekeningnya, mulai dari calon penerima, ditetapkan sebagai penerima, hingga tahap penyaluran.

Halaman:

Editor: Mufit Apriliani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x