Niat Puasa Rajab, Keutamaan dan Amalan yang Didapat Menurut Al Quran dan Hadis

- 1 Februari 2022, 19:05 WIB
Ilustrasi ibadah niat puasa bulan Rajab dan keutaman melaksanakannya.
Ilustrasi ibadah niat puasa bulan Rajab dan keutaman melaksanakannya. /PIXABAY/mohamed_hassan

BERITA SLEMAN - Simak niat puasa rajab, keutamaan dan amalan yang didapat menurut Al-Quran dan Hadis. Bulan Rajab merupakan salah satu bulan mulia oleh umat Islam. Hal itu lah yang membuatnya menjadi bulan spesial.

Terdapat beberapa amalan sunnah yang biasa dilakukan di bulan Rajab. Salah satu amalan tersebut adalah berpuasa.

Puasa Sunnah dan sejumlah amalan lainnya pada bulan Rajab dianjurkan untuk mendekatkan diri pada Allah SWT. Bulan Rajab menjadi kian istimewa bagi umat islam, karena di bulan ini juga terjadi peristiwa Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Daftar Doa Dzikir Bacaan Sholawat Nabi Pendek, Tulisan Arab dan Latin di Rabiul Awal Agar Rezeki Lancar

Bulan Rajab merupakan salah satu bulan Haram atau bulan yang disucikan dari empat bulan yang ada dalam kalender Islam. Hal tersebut tertuang dalam Alquran, tepatnya pada QS At-Taubah ayat 36.

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ ۚ

"Sesungguhnya ada dua belas bilangan bulan dalam ketetapan Allah Ta'ala. Di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat (bulan) yang haram (yang disucikan), itulah ketetapan agama yang lurus maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu." (QS At-Taubah ayat 36)

Sementara keutammaan bulan Rajab adalah sebagai berikut:

"Barangsiapa berpuasa sehari di bulan Rajab, maka ia laksana berpuasa setahun, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu-pintu neraka jahanam, bila puasa 8 hari dibukakan untuknya 8 pintu surga, bila puasa 10 hari, Allah akan mengabulkan semua permintaannya"

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x