Ki Hajar Dewantara Soal Dasar-Dasar Pendidikan: Pendidikan Harus Memerdekakan Manusia

- 2 Mei 2021, 09:27 WIB
Ilustrasi - Ki Hajar Dewantara
Ilustrasi - Ki Hajar Dewantara /Hening Prihatini/Tangkap layar buku tematik kelas 4 Tema 4 Subtema 3

BERITA SLEMAN - Tiap tanggal 2 Mei diperingati sebagai hari Pendidikan Nasional. Merupakan penghargaan tertinggi dari Pemerintah RI kepada Raden Mas Soewardi Soerjaningrat yang kemudian dikenal sebagai Ki Hajar Dewantara.

Ki Hajar Dewantara merupakan tokoh yang sangat fenomenal. Walaupun predikat dokter tidak dapat diraihnya, tokoh ini justru berkembang dalam bidang jurnalistik. Dan kemudian jadi perintis lembaga pendidikan di Indonesia

Dalam terbitan yang berjudul "Keluarga" yang terbit berkala dari November 1936 hingga Februari 1937, Ki Hajar Dewantara telah mendiskusikan perihal dasar-dasar pendidikan.

Baca Juga: Berikut 7 Tips agar Baterai HP Awet dan Tahan Lama, Salah Satunya Matikan Ponsel Saat Mengisi Daya

Berisi panduan dan praktik pendidikan yang ideal. Ringkasan dasar-dasar pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara adalah sebagai berikut;

- Pendidikan adalah tuntunan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.

- Pendidikan berkewajiban dan berkuasa menebalkan sifat dasar alamiah manusia yang baik hingga menjadi budi pekerti yang apik. Dan membiarkan segala sifat dasar manusia yang buruk.

Baca Juga: 5 Website Penyedia Blog Gratis dan Populer 2021, Bisa Hasilkan Cuan

- Intelejensi manusia dapat diubah oleh pendidikan, berhubungan dengan pikiran dan angan-angan. Namun yang tak bisa diubah yakni perasaan biologis dasi manusia: marah-senang, takut-berani, malu-percaya diri dll.

- Oleh karena itu, perlu menguasai diri dalam pendidikan budi pekerti. Pendidik perlu jadi contoh yang baik bagi murid atau siswa yang mereka didik.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah