Pertemuan Jokowi dan Presiden FIFA Bahas Kelanjutan Transformasi Sepak Bola Nasional

- 18 Oktober 2022, 16:06 WIB
Pertemuan Presiden Jokowi dan Presiden FIFA
Pertemuan Presiden Jokowi dan Presiden FIFA /Youtube Sekretariat Negara

BERITA SLEMAN - Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino hari Selasa (18/10) di Istana Merdeka. Pertemuan ini dilakukan demi membahas kelanjutan korespondensi antara Jokowi dan Presiden FIFA terkait dengan transformasi sepakbola nasional.

Dikutip dari Website resmi Kementerian Sekretaris Negara (Setkab) bahwa, "Hari ini saya bertemu dengan Presiden FIFA Mr. Gianni Infantino dan tadi kami telah melakukan pembahasan penting mengenai sepakbola Indonesia pasca tragedi di Malang, 1 Oktober 2022" tukas Jokowi.

Semuanya sepakat bahwa kejadian ini sangat memilukan dan menjadi pelajaran bagi bangsa Indonesia dan dunia. Harapannya kedepan tidak akan terjadi lagi kejadian sepeti ini dimanapun utamanya bagi insan pesepakbolaan.

Untuk kelanjutannya, FIFA dan Indonesia sepakat untuk membentuk tim khusus demi bisa melakukan transformasi sepakbola Indonesia secara menyeluruh. Ada 5 poin penting yang dibahas terkait dengan hal ini.

Baca Juga: FIFA dan Pemerintah Akan Bentuk Tim Transformasi Sepakbola Indonesia, Alhamdulillah Tidak Kena Sanksi

Dikutip dari Pikiranrakyat.com dengan judul berita Jokowi Sambut Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Merdeka, Tindak Lanjut Transformasi Sepak Bola Nasional menyebutkan bahwa:

Pertama, menguji kelayakan stadion. Stadion harus menjadi tempat yang ramah bagi pemain dan juga penonton atau suporter.

Maka dari itu, standar keamanan harus sesuai dengan aturan FIFA dan semua yang beraktivitas di dalamnya harus terjamin keselamatannya. Untuk itu perlu dikaji lebih jauh tentang mitigasi dan potensi yang membahayakan baik bagi pemain maupun penonton.

Kedua, memperbaiki protokol dan prosedur pengamanan dari kepolisian. Semuanya harus sesuai dengan standar internasional. Akan ada berbagai program pelatihan khusus sesuai dengan acara olahraga dalam berbagai format.

Baca Juga: Buntut Tragedi Kanjuruhan, PSSI Sebut FIFA Bakal Dampingi Perbaikan Sistem Sepak Bola di Indonesia

Halaman:

Editor: Putu Ayu Amita Sari

Sumber: Pikiran Rakyat Sekretariat Negara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x